Hak Merek
Pengertian dan Jenis-Jenis Merek
Guna memahami tentang merek, maka
sebelumnya perlu dipahami tentang pengertian merek. Untuk memahami hal itu,
akan dikemukakan berbagai pandangan dari para sarjana dan pengertian merek
menurut Undang-undang tentang Merek. Pengertian/batasan tentang merek
diperlukan agar permasalahan yang menyangkut merek dapat dipahami dari berbagai
sudut pandang.
Dalam Pasal 1 butir 1 Undang-Undang No. 15
Tahun 2001 Tentang Merek diberikan pengertian atau batasan tentang merek
sebagai berikut :
"Merek adalah tanda yang berupa
gambar nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari
unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembedaan digunakan dalam kegiatan
perdagangan barang atau jasa"
Drs. Iur Soeryatin, "Suatu merek
dipergunakan untuk membedakan barang yang bersangkutan dari barang
sejenis lainnya oleh karena itu, barang yang bersangkutan dengan diberi
merek tadi mempunyai: tanda asal, nama, jaminan terhadap mutunya."
Sumber : Suryatin, 1980, Hukum Dagang I
dan II, Pradnya Paramita, Jakarta, hlm. 84.
Istilah-istilah pada Merek
Merek Dagang: adalah Merek yang digunakan pada barang
yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau
badan hukum untuk membedakan dengan barang-barang sejenis lainnya.
Merek Jasa: adalah Merek yang digunakan pada jasa yang
diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau
badan hukum untuk membedakan dengan
jasa-jasa sejenis lainnya.
Merek Kolektif: adalah Merek yang digunakan pada barang
dan/atau jasa dengan karakteristik yang sama yang diperdagangkan oleh beberapa
orang atau badan hukum secara bersama-sama untuk membedakan dengan barang
dan/atau jasa sejenis lainnya.
Indikasi Geografis: adalah suatu tanda yang menunjukkan daerah
asal suatu barang, yang karena faktor lingkungan geografis termasuk faktor
alam, faktor manusia, atau kombinasi dari kedua faktor tersebut, memberikan
ciri dan kualitas tertentu
UU Merek Di Indonesia
Di dalam UU Merek di Indonesia terdapat
pasal yang menyebutkan mengenai Indikasi Geografis dan di dalam TRIPs terdapat
pasal yang menyebutkan bahwa negara anggota harus menyediakan perlindungan
khusus untuk Indikasi Geografis. Indikasi Geografis pada dasarnya memiliki
kesamaan dengan merek. Perbedaannya, pada Indikasi Geografis, tanda menunjukkan
daerah asal suatu barang, yang didasarkan pada faktor lingkungan geografis
termasuk faktor alam, faktor manusia atau kombinasi dari kedua faktor tersebut
(Pasal 56 Undang-Undang Merek). Jadi sebenarnya Indikasi Geografis ini akan
banyak dapat diterapkan pada produk-produk yang dihasilkan karena
keanekaragaman plasma nutfah yang dimiliki Indonesia, dan ini satu-satunya
rezim HKI yang memberikan perlindungan terhadap keunggulan komparatif negara berkembang.
Hak atas Merek: Hak atas merek adalah hak eksklusif yang
diberikan Negara kepada pemilik merek yang terdaftar dalam Daftar Umum Merek
untuk jangka waktu tertentu menggunakan sendiri merek tersebut atau memberi
ijin kepada seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum
untuk menggunakannya.
Sumber : ipb.ac.id/index.php?view=article...63%3Amerek...
1. Zippo asli dan imitasi
Zippo Asli dan Zippo Imitasi |
Sumber : www.zippo.com
2. Rexona dan Roxana
Rexona |
Roxana |
3. Mezzo dan Lazzo
Djarum Super Mezzo dan Lazzo
Sumber : www.groups.yahoo.com
|
4. Playstation dan Polistation
Playstation |
Polystation |
Sumber : www.howstuffwork.com
5. Puma dan Numa
NUMA |
PUMA |
Sumber : www.about.puma.com
7. NIKE dan LIKE
LIKE |
NIKE |
8. Gillete dan Gilhelley
Gillete |
Gilhelley |
Sumber : www.chemistdirect.co.uk
9. KFC dan KFG
KFC |
KFG
Sumber : www.newyorkcityfocus.com
|
10. ADIDAS dan ADIDOS
ADIDAS |
ADIDOS
Sumber : www.newyorkcityfocus.com
|
kamagra 100 mg stimulates blood flow to the penis. Works by relaxing the muscles and veins inside the penis. sildenafil 100 mg helps to get more blood into the penis. This medicine can be used as per the advice of the doctor. Purchase any medication from the best online pharmacy store in the USA with an incredible markdown.
BalasHapus